Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Pisang dan Susu Pisang

kue pisang, banana bread, bolu pisang, banana cake
Foto dari Leigh Skomal di Unsplash.com karena kue pisang saya udah keburu abis dan gak keburu difoto 😌

Sebenarnya ini adalah resep banana bread, tapi saya ingin menggunakan Bahasa Indonesia, jadi saya terjemahkan sebagai 'kue pisang.' Kalau saya terjemahkan sebagai roti pisang, nanti dikira roti manis isi pisang 😉. 

Resep ini saya dapatkan dari berbagai sumber, ketika saya pertama kali hendak membuat roti pisang. Tapi banyak di antara resep yang saya dapatkan itu agak kurang atau agak terlalu lebih di bagian ini dan itu. Maka saya modifikasi sendiri dan inilah resep kue pisang ala saya.

Sebelum mulai dengan tips dan trik, jangan lupa peraturan nomor satu pembuatan kue pisang ya: pakailah pisang yang sudah sangat matang! Sebab, kue pisang paling enak kalau menggunakan pisang yang sudah benar-benar matang, manis, wangi, dan sangat lembut. Saya biasanya sengaja membiarkan pisang hingga muncul flek-flek hitam di kulitnya. Pisang dengan wujud seperti ini rasanya paling nikmat dan paling banyak gizinya. Pisang ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan dapat mencegah kanker lho. 

 

pisang matang, ripe banana
Foto dari Pixabay. Pisang sematang ini nih yang paling enak.


Biasanya saya baru bisa membuat kue pisang sekitar sepekan setelah membeli pisang, sebab saya selalu menunggu sampai pisang benar-benar siap untuk diolah. Tapi, kalau pisang sudah benar-benar matang sesuai yang saya inginkan, biasanya saya suka bingung sendiri antara mengonsumsi pisang secara langsung atau dibuat kue pisang saja. Kalau dimakan langsung, rasa pisangnya luar biasa lezat dan gizinya tetap utuh karena tidak dimasak. Sementara kalau tidak dibuat kue pisang, maka tidak akan ada kue pisang lezat untuk sarapan dan cemilan -_-
Solusinya, beli pisang lagi 😅 jadi ada cukup banyak pisang untuk berbagai pilihan.

Pisang yang sudah sangat matang memang memikat. Jika dibuat kue pisang, harum pisangnya akan menguar ke seluruh dapur. Rasa pisangnya yang sudah sangat manis pun membuat kita tidak perlu menambahkan terlalu banyak gula jika akan dibuat kue pisang. Saya biasanya menggunakan brown sugar untuk membuat kue apa pun, karena brown sugar menambahkan cita rasa yang lebih kaya daripada gula pasir biasa. Nah karena pisang kita sudah sangat matang dan manis, kita hanya membutuhkan 1/2 sampai 3/4 cangkir gula. Buat saya yang suka rasa manis saja, ternyata 1/2 cangkir gula sudah pas lho. Kalau saya pakai 1 cangkir penuh, maka rasanya jadi terlalu manis. Anehnya banyak resep di luar sana yang memakai gula satu cangkir penuh, maybe they have a sweet tooth.

Selanjutnya saya punya tip pilihan tepung untuk digunakan. Tepung yang biasa saya pakai untuk membuat kue pisang adalah tepung whole wheat. Dibandingkan dengan tepung terigu, tepung ini sangat sehat karena mengandung banyak serat dan tidak mengandung gluten. Saya kurang tahu apakah tepung whole wheat bisa didapatkan dengan mudah atau tidak di Indonesia. Kalau tidak ada, bisa diganti dengan tepung terigu saja. 

 
whole wheat flour, tepung whole wheat
Foto dari Olga Kudriavtseva di Unsplash.com 

 
Selain itu, setengah dari tepung yang kita gunakan bisa juga diganti dengan tepung jenis lain, misalnya tepung almond ataupun tepung besan (gram flour). Tepung besan adalah tepung yang dibuat dari kacang chickpea. Saya juga pernah membuat kue pisang hanya dengan tepung besan dan hasilnya tetap luar biasa seperti biasanya. Jadi silakan dicoba mau menggunakan satu tepung saja atau memakai dua campuran tepung yang berbeda.

Tip penting lainnya, pakailah butter. Butter dibuat dari lemak susu sapi sehingga mampu menyeruakkan aroma harum yang khas serta tambahan rasa gurih yang lezat. Jika tidak ada butter maka bisa diganti dengan margarin, saya juga pernah coba, tetapi rasa harum butternya jadi tidak bisa didapatkan. Atau apakah margarin di sini beda dengan margarin harum di Indonesia ya? Di Jerman margarin tidak memiliki aroma sedap yang kuat, setidaknya itu yang selalu saya temukan 🤷‍♀️. Tambahan aroma lain yang bisa kalian masukkan adalah bubuk kayu manis, tapi ini tidak wajib, karena di resep setidaknya sudah ada vanili yang akan memberikan aroma manis khas kue.

Tip selanjutnya, kita bisa juga menambahkan isian tambahan ke dalam adonan kue pisang kita, misalnya kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang menurut saya paling cocok ditambahkan ke dalam adonan kue pisang adalah kacang pistachio, kacang walnut, kacang almond, kacang hazel, kacang pecan, dan kacang mete. Teman-teman bisa tambahkan satu jenis kacang saja ataupun dicampur. Tapi kalau kacang tanah saya nggak pernah coba 🤔 saya kurang yakin rasanya cocok dengan kue pisang. 
 
 
kacang-kacangan, kismis, nuts
Kacang-kacangan dan kismis dari Maksim Shutov di Unsplash.com 
 
Selain kacang-kacangan, kita bisa juga menambahkan kismis. Kismis akan memberikan rasa manis asam pada gigitan kue pisang kita nantinya, sangat lezat! Atau buat kalian pencinta cokelat, bisa juga untuk menambahkan choco chips! Hmm 😋

Isian tambahan mana pun yang kalian pilih, semuanya mantap, tapi sebaiknya tidak menambahkan lebih dari satu cangkir ya! Dan kalau tidak pakai isian tambahan apa pun juga rasanya tetap luar biasa seperti harapan kita. Saya kadang juga tidak menambahkan isian tambahan apa pun jika hanya ingin menikmati kue pisang yang mulus tanpa perlu mengunyah kacang-kacangan. Dan... ini dia bahan-bahannya . . .

Bahan-bahan:
2-3 buah pisang yang sudah sangat matang
2 cangkir tepung whole wheat (bisa juga pakai tepung terigu)
1/2 cangkir brown sugar (bisa juga pakai gula pasir)
1/2 cangkir butter yang sudah dilelehkan (bisa juga pakai margarin)
1 butir telur
1 cangkir susu murni
1 sdt baking powder
1 sdt vanili
Sejumput garam
Opsional: 1 sdt bubuk kayu manis dan secangkir kacang-kacangan, kismis, atau choco chips 

Cara pembuatan:
1. Panaskan oven pada suhu 180°. 

2. Lelehkan butter atau margarin. 

3. Olesi loaf pan ataupun loyang dengan mentega atau margarin. 

4. Ayak tepung ke dalam sebuah mangkuk adonan dan tambahkan bahan-bahan kering lainnya, seperti gula, baking powder, vanili, garam, dan bubuk kayu manis.   

5. Kupas pisang dan masukkan ke dalam mangkuk adonan yang lain. Hancurkan pisang dengan garpu hingga cukup halus (tidak perlu halus sempurna).  

6. Campurkan butter atau margarin ke dalam pisang, berikut telur dan susu. 

7. Tambahkan bahan kering ke dalam adonan basah dan aduk dengan spatula ataupun hand whisk

8. Masukkan juga isian tambahan (jika ada) dan aduk rata.

9. Tuang seluruh adonan ke dalam loaf pan ataupun loyang dan taburkan sedikit topping sesuai selera sebagai garnish

19. Panggang di dalam oven selama 50-60 menit. 

11. Keluarkan kue pisang yang sudah matang dan dinginkan pada suhu ruangan setidaknya 10 menit.

12. Kue pisang siap dinikmati untuk sarapan maupun teman minum teh. Kalau mau, bisa juga untuk mengoleskan butter pada permukaannya. 

Lalu bagaimana dengan susu pisang? Resepnya lebih mudah lagi: satu buah pisang matang, satu gelas susu murni, 1-2 sdm madu, dan kalau mau tambahkan oat ataupun kacang-kacangan sesuai selera sebanyak setengah cangkir. Blender semua bahan sampai halus dan siap disajikan, terutama untuk sarapan yang penuh energi. Nyam! 

Selamat mencoba dan mengeksplor kelezatan pisang matang .

18 comments for "Resep Kue Pisang dan Susu Pisang"

  1. Mantap. Ini patut dicoba. Terima kasih telah berbagi, Mbak Alvianti. Senang dapat sahabat dari Jerman.

    ReplyDelete
  2. Oke noted, berarti mending pake butter yah daripada margarin. Biar aroma lebih berasa. Aku pernah bikin juga, dan kutambahin slice almond gitu. Enak deh.

    ReplyDelete
  3. Wah iya, kue pisang ini enak! Anak anakku suka banget sama kue pisang
    Kapan kapan mau coba resep kue pisang ini ah

    ReplyDelete
  4. Wiwin | pratiwanggini.netFebruary 12, 2022 at 12:47 AM

    Saya selalu suka kue-kue yang dibikin dari pisang, asalkan pisangnya matang seperti pilihan mba Alvianti. Saat ini saya sedang suka dengan pisang tanduk, digoreng atau dikukus, enak semua. Dibikin kue pisang pasti juga enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senengnya mbak Wiwin punya banyak pilihan pisang ya di Indonesia. Di sini cuma ada pisang yang itu-itu aja 😅

      Delete
  5. wah bisa dicoba nih nanti. makasih loh mbak udah berbagi resep nya. soalnya kadang dirumah kalau ada pisang yang udah terlalu masak nggak ada yang makan. jadi bisa nih dibikin kue begini pasti langsung di "Hap" deh. hhihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pisang yang udah kematangan banget juga masih bisa diselamatkan 😄

      Delete
  6. Keren nih resepnya, patut dicoba ya.
    Sy juga suka banget dgn makanan dan minuman berbahan dasar pisang

    ReplyDelete
  7. Kalau saya suka di buat banana bread mba, lebih mengenyangkan haha...1 adonan biasanya bisa jadi 18 pcs roti. Tapi dibuat kue bolu gini enak juga sepertinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga termasuk banana bread sih, saya sama temen saya pernah ngedebatin ini sebenernya roti apa kue 😂

      Delete
  8. Macam-macam tepung yang digunakan bikin aku kudu banyak belajar lagi mengenai baking.
    Rasanya enak banget makan banana bread dengan rasa pisang yang nyata, bukan essence.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah pake essence buat nambahin aroma pisang, eh malah wangi pisang palsu rasanya, pisang asli jauh lebih wangi

      Delete
  9. Bocil pasti suka nih soalnya dia penggemar pisang. Tandain dulu nanti mampir lagi buat baca ulang resepnya. Hoho

    ReplyDelete